Penyebab Ulcer Ikan Koi & Cara Mengobatinya

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang dipelihara untuk memperindah tampilan di dalam kolam. Ikan koi adalah jenis ikan hias yang berasal dari Jepang dan juga disebut sebagai ikan karper / ikan mas. Jika anda juga salah satu orang yang mencintai ikan hias seperti ikan koi, ikan ini dapat berkembang dan lebih indah jika dirawat pada lingkungan kolam. Penyakit yang biasanya diderita oleh ikan koi dapat merusak keindahan corak warna yang ada di dalam tubuhnya.

Lingkungan tempat ikan koi berada yang tidak terawat atau kotor menjadi kemungkinan besar patogen penyakit tumbuh. Ikan koi mempunyai karakteristik yang berbeda dengan ikan yang dikonsumsi, hal ini karena ikan hias sangat rentan terhadap serangan penyakit. Banyak sekali bakteri yang dapat memicu terjadinya penyakit Ulcer pada ikan koi seperti Aeromonas, Pseudomonas dan Myobacter.

Penyebab Penyakit Ulcer pada Ikan Koi

Banyak sekali kasus ikan koi yang mengalami sakit Ulcer, hal ini tentu menjadi pertimbangan bagi anda untuk mempertahankan kondisi kesehatan. Ulcer adalah jenis penyakit yang biasanya diderita oleh ikan hias dikarenakan beberapa faktor, salah satu penyebab utama adalah adanya bakteri Aeromonas, Pseudomonas dan Myobacter. Langkah mudah dalam menjaga kesehatan ikan koi adalah dengan menjaga kesehatan air kolam tempat ia tinggal.

Ciri-ciri Ikan Terinfeksi Ulcer

Ikan yang mengalami penyakit Ulcer akan menunjukkan gejala berupa: pada tahap awal ulcer tampak hanya beberapa sisik berdarah kemudian berubah menjadi borok/luka, tahap selanjutnya luka semakin membesar sehingga tampak seperti luka dengan sekeliling tepi berdarah dan ditengahnya terlihat nanah, tubuh ikan semakin lama semakin kurus karena bakteri ini sifatnya menyerap nutrisi ikan, dalam beberapa kasus diikuti dengan pop eye. Atau Anda bisa melihatnya Apakah ia sedang mengalami luka borok yang cukup didalam, daya tahan tubuh jadi alami penurunan, mengeluarkan nanah yang justru termasuk dalam gejala lanjut dari penyakit Ulcer. Jangan terus menunda pengobatan ikan koi yang sedang terinfeksi bakteri Aeromonas, Pseudomonas dan Myobacter sehingga menyebabkan penyakit Ulcer hingga ia menderita , , .

Pengobatan Penyakit Ulcer pada Ikan Koi

Kami adalah salah satu pusat budidaya ikan koi yang dapat membantu anda dalam memenuhi segala kebutuhan penanganan penyakit ikan koi ataupun supply berbagai macam jenis ikan koi. Jika anda memiliki ikan koi yang sedang menderita Ulcer, beruntung karena sudah menemukan website yang tepat. Berikut adalah informasi yang bisa anda jadikan referensi dalam pengobatan penanganan penyakit Ulcer yang diakibatkan dari Aeromonas, Pseudomonas dan Myobacter. Anda harus memberikan obat pada ikan koi sesuai dengan gejala yang sedang ia alami, untuk pengobatan awal Anda dapat memberikan Perbaiki parameter air kolam dan ikan yang terjangkit ulcer dipindahkan ke bak karantina.

Pemakaian konsumsi obat ikan koi akan disesuaikan dengan gejala yang ia alami, jadi anda harus tahu apakah itu gejala awal, lanjut, atau justru gejala yang sudah akut. Jika pada gejala lanjut Anda bisa memberikannya obat Untuk ulcer ringan (masih tahap awal perendaman kedalam larutan garam 5 gram/L bisa menyembuhkan ulcer. atau jika obat tersebut tidak memberikan efek samping yang baik bisa langsung memberikan obat Untuk ulcer yang terlanjur parah dapat diberikan pengobatan oral 2 gr Oxytetracycline dicampur kedalam 1 kg pakan. Jika ikan sudah tidak mau makan maka antibiotik dapat diberikan melalui perendaman Oxytetracicline dengan takaran 20 gr untuk setiap 1000 liter air, atau antibiotic lainnya sesuai takaran yang dianjurkansampai sembuh.

Penanganan penyakit seperti Ulcer yang disebabkan karena Aeromonas, Pseudomonas dan Myobacter tidak hanya dapat diatasi dengan menggunakan obat di atas, anda dapat memanfaatkan pengobatan secara alami. Menggunakan bahan alami untuk mengatasi Ulcer yang diderita ikan koi tentu lebih hemat biaya. Berikut adalah obat alami yang bisa membantu Anda dalam mengatasi Ulcer yaitu: Daun ketapang, Garam ikan dapat diberikan dikolam untuk mengikat nitrit, Daun sirsat.

Pencegahan Penyakit Ulcer pada Ikan Koi

Jika ikan koi Anda ada yang menderita penyakit Ulcer segera lakukan isolasi pada ikan tersebut di ember yang berbeda, anda juga harus melakukan pencegahan penyakit Ulcer agar ikan lain yang berada di kolam tidak menderita sakit yang sama. Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya infeksi Aeromonas, Pseudomonas dan Myobacter dalam ikan koi adalah dengan melakukan:

  • Jaga kebersihan kolam
  • Jangan menggunakan probiotik secara berlebihan
  • Jangan memasukan ikan baru tampa proses karantina

Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam menangani ikan koi yang sedang sakit Ulcer, dengan senang hati kami juga memberikan komunitas untuk bergabung dengan para pecinta ikan koi. Dalam komunitas ini anda bisa langsung berkonsultasi dengan anggota komunitas yang memiliki ikan koi dengan berbagai macam jenis. Perusahaan kami adalah salah satu supplier ikan koi terbaik yang ada di Blitar dan siap kirim keseluruh wilayah Indonesia.

Join Grup WhatsApp
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia
Join Grup Telegram
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia