Penyebab Pop Eye (Exophthalmia) Ikan Koi & Cara Mengobatinya

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang dipelihara untuk memperindah tampilan di dalam kolam. Ikan koi mempunyai kepercayaan tersendiri bagi orang Jepang bahwa ia bisa mendatangkan lebih banyak rezeki. Jika anda salah satu pecinta ikan hias yang senang memelihara ikan koi, ikan ini akan tumbuh dengan baik pada lingkungan yang sehat. Penyakit yang biasanya diderita oleh ikan koi dapat merusak keindahan corak warna yang ada di dalam tubuhnya.

Anda harus memperhatikan kondisi kesehatan lingkungan kolam ikan, karena jika lingkungannya kotor justru dapat mengundang pertumbuhan patogen. Teknik pemeliharaan ikan koi berbeda dengan jenis ikan yang dikonsumsi, ikan koi termasuk ikan hias yang Justru lebih sulit dalam proses perawatan karena ia rentan sekali terhadap penyakit. Banyak sekali bakteri yang dapat memicu terjadinya penyakit Pop Eye (Exophthalmia) pada ikan koi seperti tuberculosis.

Penyebab Penyakit Pop Eye (Exophthalmia) pada Ikan Koi

Apakah sekarang ini ikan koi anda di rumah sedang sakit Pop Eye (Exophthalmia)? Selain karena hal itu, penyakit ikan koi Pop Eye (Exophthalmia) juga disebabkan karena adanya bakteri tuberculosis. Supaya ikan koi tidak mengalami Pop Eye (Exophthalmia), anda perlu menjaga kebersihan dan kesehatan kolam ikan supaya terhindar dari resiko pertumbuhan bakteri tuberculosis.

Ciri-ciri Ikan Terinfeksi Pop Eye (Exophthalmia)

Setiap penyakit yang diderita oleh ikan koi memiliki ciri yang berbeda, jika ikan koi Anda mengalami gejala pembengkakan satu atau kedua mata, bercak darah dibola mata, pecahnya pembuluh darah kemungkinan besar ia telah terinfeksi penyakit Pop Eye (Exophthalmia). Jika benar ia telah mengalami gejala awal pada penyakit Pop Eye (Exophthalmia), kondisi ini akan semakin parah Jika ikan sudah mengalami , , . Anda harus segera melakukan pencegahan sebelum ikan koi yang sakit Pop Eye (Exophthalmia) pada tahap gejala lanjut cacat permanen, dropsi, .

Pengobatan Penyakit Pop Eye (Exophthalmia) pada Ikan Koi

Perusahaan kami adalah salah satu pusat tempat budidaya ikan koi yang ada di kota Blitar, kami telah berpengalaman dalam menangani segala kebutuhan suplai ikan koi dan menangani permasalahannya. Kami dapat membantu anda dalam menangani penyakit Pop Eye (Exophthalmia) dengan memberikan saran obat untuk melawan bakteri tuberculosis Kami akan membantu anda dalam memberikan pengobatan dalam menangani penyakit Pop Eye (Exophthalmia) yaitu memberikan obat awal berupa obat antibiotic ringan.

Jika ikan koi terlihat seperti mengalami penyakit Pop Eye (Exophthalmia) yang termasuk dalam gejala lanjut, anda dapat memberikan obat Methylene Blue. Anda bisa melihat secara langsung Apakah obat ini memberikan Efek positif atau justru tidak memiliki dampak sama sekali, untuk ikan koi yang menderita penyakit Pop Eye (Exophthalmia) dalam keadaan kritis Anda dapat memberikannya Diflubenzuron dengan takaran 1 ppm.

Menangani penyakit Pop Eye (Exophthalmia) yang disebabkan karena bakteri tuberculosis juga dapat anda tangani dengan melakukan pengobatan secara alami. Pemakaian bahan alami dalam menangani penyakit Pop Eye (Exophthalmia) akan lebih mudah untuk anda peroleh dan dijual dengan harga yang murah. Berikut adalah beberapa daftar obat alami dalam penanganan penyakit Pop Eye (Exophthalmia): Daun Nangka, Daun Binahong, Daun Jarak bali

Pencegahan Penyakit Pop Eye (Exophthalmia) pada Ikan Koi

Tentu saja akan lebih baik bagi anda melakukan pencegahan daripada pengobatan pada ikan koi yang sudah terlanjur sakit Pop Eye (Exophthalmia). Kali ini anda dapat melakukan pencegahan supaya kolam ikan koi tidak mengandung bakteri tuberculosis sehingga menyebabkan Pop Eye (Exophthalmia) terjangkit pada ikan koi yang lainnya, dengan melakukan pencegahan seperti:

  • Jaga kebersihan kolam
  • kurangi pemakaian probiotik berlebihan
  • Beri Methylene Blue dengan takaran 1 gr untuk 5000 liter air setiap bulan sekali

Jika anda merasa kesulitan dalam menangani penyakit ikan koi Pop Eye (Exophthalmia) bisa langsung bergabung dengan komunitas pecinta ikan koi yang telah kami buat. Dalam komunitas ini anda bisa langsung berkonsultasi dengan anggota komunitas yang memiliki ikan koi dengan berbagai macam jenis. Kami juga dapat langsung memandu Anda mengenai penanganan penyakit ikan koi Pop Eye (Exophthalmia).

Join Grup WhatsApp
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia
Join Grup Telegram
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia