Penyebab Parasit Protozoa Ikan Koi & Cara Mengobatinya

Ikan koi adalah ikan hias yang banyak diminati karena keindahan corak pada tubuhnya. Dengan memelihara ikan koi banyak orang Jepang yang percaya bahwa ia dapat membawa keberuntungan. Jika anda juga salah satu orang yang mencintai ikan hias seperti ikan koi, ikan ini dapat berkembang dan lebih indah jika dirawat pada lingkungan kolam. Ikan hias selain menjaga kesehatannya, anda juga perlu merawat supaya keindahan corak yang ia miliki tidak pudar.

Anda harus memperhatikan kondisi kesehatan lingkungan kolam ikan, karena jika lingkungannya kotor justru dapat mengundang pertumbuhan patogen. Anda perlu mengetahui bahwa ikan hias seperti koi yang ini karakteristiknya sangat berbeda dengan jenis ikan pada umumnya, jenis ikan hias lebih rentan terhadap serangan penyakit. Salah satu penyakit ikan koi yang paling banyak dijumpai adalah Parasit Protozoa, jenis penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi Chilodonella, Costia, Trichodina, Ich.

Penyebab Penyakit Parasit Protozoa pada Ikan Koi

Banyak sekali kasus ikan koi yang mengalami sakit Parasit Protozoa, hal ini tentu menjadi pertimbangan bagi anda untuk mempertahankan kondisi kesehatan. Parasit Protozoa adalah salah satu penyakit yang banyak diderita ikan hias karena disebabkan oleh adanya bakteri Chilodonella, Costia, Trichodina, Ich. Oleh karena itu sangat penting bagi anda menjaga kebersihan kolam ikan agar dapat mencegah terjadinya penyakit Parasit Protozoa.

Ciri-ciri Ikan Terinfeksi Parasit Protozoa

Untuk mengetahui apakah ikan koi yang anda miliki di rumah sedang mengalami penyakit Parasit Protozoa atau tidak Anda bisa melihat gejala awal yang akan terjadi, yaitu: sering gesek badan (flashing), kehilangan nafsu makan, kehilangan berat badan. Jika benar ia telah mengalami gejala awal pada penyakit Parasit Protozoa, kondisi ini akan semakin parah Jika ikan sudah mengalami iritasi pada kulit yang berwarna kemerahan, produksi lendir yang berlebihan, malas dan berdiam didasar kadang sirip ditutup . Jangan terus menunda pengobatan ikan koi yang sedang terinfeksi bakteri Chilodonella, Costia, Trichodina, Ich sehingga menyebabkan penyakit Parasit Protozoa hingga ia menderita pada kondisi parah atau sudah menyerang insang ikan akan sering diam menggantung dengan posisi kepala dibawah dan ekor diatas, iritasi pada kulit yang berwarna kemerahan diikuti oleh ulcer, muncul kerusakan pada sirip-sirip.

Pengobatan Penyakit Parasit Protozoa pada Ikan Koi

Perusahaan kami adalah salah satu pusat tempat budidaya ikan koi yang ada di kota Blitar, kami telah berpengalaman dalam menangani segala kebutuhan suplai ikan koi dan menangani permasalahannya. Kami dapat membantu anda dalam mengatasi penyakit Parasit Protozoa yang saat ini diderita oleh ikan koi akibat terinfeksi Chilodonella, Costia, Trichodina, Ich. Jika ikan koi menandai gejala awal seperti sering gesek badan (flashing) anda dapat langsung memberikannya obat Chloramine T, sebagai obat awal.

Jika kondisi ikan koi semakin parah anda bisa memberikannya Malachite Green dan Thrichlorfon/Masoten. Jika kondisi ikan koi yang terserang bakteri Chilodonella, Costia, Trichodina, Ich justru menandakan gejala akut Anda bisa langsung memberikannya Formalin dan Malachite Green (FMG).

Apabila anda merasa kesulitan dalam mencari obat yang sudah kami sebutkan diatas, kami dapat membantu anda menggunakan obat alami sebagai alternatif lain yang lebih mudah untuk didapatkan. Menggunakan bahan alami dalam menangani penyakit Parasit Protozoa, tentu tidak membutuhkan biaya yang mahal dan dan lebih mudah dalam mencari. Berikut adalah beberapa daftar obat alami dalam penanganan penyakit Parasit Protozoa: Daun Jarak bali, Daun Binahong, Daun sirsat

Pencegahan Penyakit Parasit Protozoa pada Ikan Koi

Jika ikan koi Anda ada yang menderita penyakit Parasit Protozoa segera lakukan isolasi pada ikan tersebut di ember yang berbeda, anda juga harus melakukan pencegahan penyakit Parasit Protozoa agar ikan lain yang berada di kolam tidak menderita sakit yang sama. Kali ini anda dapat melakukan pencegahan supaya kolam ikan koi tidak mengandung bakteri Chilodonella, Costia, Trichodina, Ich sehingga menyebabkan Parasit Protozoa terjangkit pada ikan koi yang lainnya, dengan melakukan pencegahan seperti:

  • Check parameter air secara berkala
  • Jaga kepadatan ikan, kolam yang padat memperbesar kemungkinan munculnya parasit jenis protozoa ini.
  • Rajin bersihkan filter mekanis jika kotoran sudah menumpuk

Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam menangani ikan koi yang sedang sakit Parasit Protozoa, dengan senang hati kami juga memberikan komunitas untuk bergabung dengan para pecinta ikan koi. Dalam komunitas ini anda bisa langsung berkonsultasi dengan anggota komunitas yang memiliki ikan koi dengan berbagai macam jenis. Perusahaan kami adalah salah satu supplier ikan koi yang ada di Blitar dan senantiasa membantu anda dalam proses budidaya segala macam jenis ikan koi.

Join Grup WhatsApp
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia
Join Grup Telegram
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia