Penyebab Myxosporearis Ikan Koi & Cara Mengobatinya

Ikan koi adalah ikan hias yang banyak diminati karena keindahan corak pada tubuhnya. Ikan koi mempunyai kepercayaan tersendiri bagi orang Jepang bahwa ia bisa mendatangkan lebih banyak rezeki. Ikan koi bisa anda pelihara dan berkembang dengan baik pada lingkungan yang sehat. Penyakit yang biasanya diderita oleh ikan koi dapat merusak keindahan corak warna yang ada di dalam tubuhnya.

Anda harus memperhatikan kondisi kesehatan lingkungan kolam ikan, karena jika lingkungannya kotor justru dapat mengundang pertumbuhan patogen. Anda perlu mengetahui bahwa ikan hias seperti koi yang ini karakteristiknya sangat berbeda dengan jenis ikan pada umumnya, jenis ikan hias lebih rentan terhadap serangan penyakit. Banyak sekali bakteri yang dapat memicu terjadinya penyakit Myxosporearis pada ikan koi seperti Myxobolus sp.

Penyebab Penyakit Myxosporearis pada Ikan Koi

Ikan koi bisa mengalami penyakit Myxosporearis karena banyak faktor, tapi faktor yang paling memungkinkan terjadinya penyakit adalah infeksi dari bakteri Myxobolus sp. Myxosporearis adalah salah satu penyakit yang banyak diderita ikan hias karena disebabkan oleh adanya bakteri Myxobolus sp. Supaya ikan koi tidak mengalami Myxosporearis, anda perlu menjaga kebersihan dan kesehatan kolam ikan supaya terhindar dari resiko pertumbuhan bakteri Myxobolus sp.

Ciri-ciri Ikan Terinfeksi Myxosporearis

Setiap penyakit yang diderita oleh ikan koi memiliki ciri yang berbeda, jika ikan koi Anda mengalami gejala insang yang berwarna putih atau kemerahan dan memenuhi rongga insang sehingga operculum tidak dapat menutup dengan sempurna, gerakan ikan tidak aktif cenderung diam dibawah pancuran, sering melakukan gerakan melingkar seperti mengejar ekornya sendiri kemungkinan besar ia telah terinfeksi penyakit Myxosporearis. Jika benar ia telah mengalami gejala awal pada penyakit Myxosporearis, kondisi ini akan semakin parah Jika ikan sudah mengalami sisik geripis dan warna tubuh agak pucat/gelap, kerusakan jaringan dengan gejala klinis antara lain timbul bintil berwarna kemerah-merahan, gangguan pada sirkulasi pernafasan akibat penghambatan konsumsi oksigen . Segera bantu penanganan ikan koi yang sudah terinfeksi bakteri Myxobolus sp agar ia tidak sampai menderita gejala akut penurunan aktivitas insang serta fungsi organ pernafasan, serta necrosis, yang sudah termasuk dalam kondisi kritis.

Pengobatan Penyakit Myxosporearis pada Ikan Koi

Perusahaan kami adalah salah satu pusat tempat budidaya ikan koi yang ada di kota Blitar, kami telah berpengalaman dalam menangani segala kebutuhan suplai ikan koi dan menangani permasalahannya. Tapi kami juga dapat membantu anda dalam mengatasi ikan koi yang sedang menderita penyakit Myxosporearis. Jika ikan koi menandai gejala awal seperti insang yang berwarna putih atau kemerahan dan memenuhi rongga insang sehingga operculum tidak dapat menutup dengan sempurna anda dapat langsung memberikannya obat perendaman dalam Acrivlavine, sebagai obat awal.

Pemakaian konsumsi obat ikan koi akan disesuaikan dengan gejala yang ia alami, jadi anda harus tahu apakah itu gejala awal, lanjut, atau justru gejala yang sudah akut. Jika pada gejala lanjut Anda bisa memberikannya obat Methylene Blue. Apabila kondisi ikan koi semakin parah Anda juga dapat memberikan obat Vaksin sebagai penanganan terbaik.

Apabila anda merasa kesulitan dalam mencari obat yang sudah kami sebutkan diatas, kami dapat membantu anda menggunakan obat alami sebagai alternatif lain yang lebih mudah untuk didapatkan. Menggunakan bahan alami untuk mengatasi Myxosporearis yang diderita ikan koi tentu lebih hemat biaya. Berikut adalah obat alami yang bisa membantu Anda dalam mengatasi Myxosporearis yaitu: Daun Jambu Biji, Daun Pace, Daun Nangka.

Pencegahan Penyakit Myxosporearis pada Ikan Koi

Tentu saja akan lebih baik bagi anda melakukan pencegahan daripada pengobatan pada ikan koi yang sudah terlanjur sakit Myxosporearis. Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya infeksi Myxobolus sp dalam ikan koi adalah dengan melakukan:

  • Jaga parameter air terutama kadar amonia maksimal 0,25 ppm dan oksigen terlarut diatas 6 ppm
  • Jaga kebersihan filter mekanis dengan membersihkannya secara reguler
  • Buang dan musnahkan ikan yang terinfeksi

Jika anda merasa kesulitan dalam menangani penyakit ikan koi Myxosporearis bisa langsung bergabung dengan komunitas pecinta ikan koi yang telah kami buat. Anda dapat masuk pada grup pecinta ikan koi secara gratis dan saling berbagi informasi terkait budidaya ikan hias. Kami juga dapat langsung memandu Anda mengenai penanganan penyakit ikan koi Myxosporearis.

Join Grup WhatsApp
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia
Join Grup Telegram
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia