Penyebab Kutu Jangkar (Anchor Worm) Ikan Koi & Cara Mengobatinya

Ikan koi adalah ikan hias yang banyak diminati karena keindahan corak pada tubuhnya. Ikan koi adalah jenis ikan hias yang berasal dari Jepang dan juga disebut sebagai ikan karper / ikan mas. Ikan koi bisa anda pelihara dan berkembang dengan baik pada lingkungan yang sehat. Ikan hias selain menjaga kesehatannya, anda juga perlu merawat supaya keindahan corak yang ia miliki tidak pudar.

Lingkungan tempat ikan koi berada yang tidak terawat atau kotor menjadi kemungkinan besar patogen penyakit tumbuh. Anda perlu mengetahui bahwa ikan hias seperti koi yang ini karakteristiknya sangat berbeda dengan jenis ikan pada umumnya, jenis ikan hias lebih rentan terhadap serangan penyakit. Salah satu penyakit ikan koi yang paling banyak dijumpai adalah Kutu Jangkar (Anchor Worm), jenis penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi Anchor Worm.

Penyebab Penyakit Kutu Jangkar (Anchor Worm) pada Ikan Koi

Banyak sekali kasus ikan koi yang mengalami sakit Kutu Jangkar (Anchor Worm), hal ini tentu menjadi pertimbangan bagi anda untuk mempertahankan kondisi kesehatan. Selain karena hal itu, penyakit ikan koi Kutu Jangkar (Anchor Worm) juga disebabkan karena adanya bakteri Anchor Worm. Langkah mudah dalam menjaga kesehatan ikan koi adalah dengan menjaga kesehatan air kolam tempat ia tinggal.

Ciri-ciri Ikan Terinfeksi Kutu Jangkar (Anchor Worm)

Apakah ikan hias Anda saat ini mengalami penyakit Kutu Jangkar (Anchor Worm)? Segera cek kondisi kesehatan ikan koi anda apakah ia mengalami hal berikut: bagian yang terinfeksi terlihat seperti spot-spot merah sekilas sama seperti white spot pada awalnya, produksi lendir yang berlebihan terutama pada bagian yang terinfeksi, melakukan gerakan dan ekstrim dan sering melompat ke permukaan. Jika kondisi ikan koi yang mengalami Kutu Jangkar (Anchor Worm) semakin parah ia dapat mengalami gejala akut sering menggesekan badan ke dinding dan dasar kolam (flashing), muncul luka akibat bakteri karena infeksi yang parah, ikan menjadi penakut dan selalu sembunyi sepanjang waktu. Jangan terus menunda pengobatan ikan koi yang sedang terinfeksi bakteri Anchor Worm sehingga menyebabkan penyakit Kutu Jangkar (Anchor Worm) hingga ia menderita , , .

Pengobatan Penyakit Kutu Jangkar (Anchor Worm) pada Ikan Koi

Kami adalah pusat budidaya ikan koi yang ada di Blitar sehingga sudah berpengalaman dengan segala permasalahan yang terjadi terkait dengan kesehatan ikan koi. Jika anda memiliki ikan koi yang sedang menderita Kutu Jangkar (Anchor Worm), beruntung karena sudah menemukan website yang tepat. Berikut adalah informasi yang bisa anda jadikan referensi dalam pengobatan penanganan penyakit Kutu Jangkar (Anchor Worm) yang diakibatkan dari Anchor Worm. Anda harus memberikan obat pada ikan koi sesuai dengan gejala yang sedang ia alami, untuk pengobatan awal Anda dapat memberikan Gunakan pinset untuk mencabut kutu (jika hanya tampak 1-2 ekor saja).

Jika kondisi ikan koi semakin parah anda bisa memberikannya Diflubenzuron dengan takaran 1 ppm. Apabila kondisi ikan koi semakin parah Anda juga dapat memberikan obat Metrifonate dengan dengan takaran 0,2 – 0,5 ppm sebagai penanganan terbaik.

Apabila anda merasa kesulitan dalam mencari obat yang sudah kami sebutkan diatas, kami dapat membantu anda menggunakan obat alami sebagai alternatif lain yang lebih mudah untuk didapatkan. Pemakaian bahan alami dalam menangani penyakit Kutu Jangkar (Anchor Worm) akan lebih mudah untuk anda peroleh dan dijual dengan harga yang murah. Obat alami yang efektif untuk menurunkan kondisi Kutu Jangkar (Anchor Worm) adalah Dylox dengan takaran 5-10 ppm, Trichlorfon dengan dosis 0,2 – 0,5 ppm, Daun sirsat.

Pencegahan Penyakit Kutu Jangkar (Anchor Worm) pada Ikan Koi

Tentu saja akan lebih baik bagi anda melakukan pencegahan daripada pengobatan pada ikan koi yang sudah terlanjur sakit Kutu Jangkar (Anchor Worm). Ada langkah pencegahan yang dapat anda lakukan meliputi:

  • Jangan memasukan ikan baru tampa melalui proses karantina dengan menggunakan obat kutu
  • Lakukan pemberian obat kutu secara reguler 3 bulan sekali
  • Pemberian Abate 1 gr per 1000 liter air stiap bulan dapat mencegah serangan kutu

Jika anda merasa kesulitan dalam menangani penyakit ikan koi Kutu Jangkar (Anchor Worm) bisa langsung bergabung dengan komunitas pecinta ikan koi yang telah kami buat. Anda dapat masuk pada grup pecinta ikan koi secara gratis dan saling berbagi informasi terkait budidaya ikan hias. Kami bukan hanya supplier ikan koi, tapi juga senantiasa membantu anda dalam melakukan proses budidaya ikan koi.

Join Grup WhatsApp
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia
Join Grup Telegram
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia