Penyebab Kutu Bulat (Argulosis) Ikan Koi & Cara Mengobatinya

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang dipelihara untuk memperindah tampilan di dalam kolam. Ikan koi adalah jenis ikan hias yang berasal dari Jepang dan juga disebut sebagai ikan karper / ikan mas. Jika anda salah satu pecinta ikan hias yang senang memelihara ikan koi, ikan ini akan tumbuh dengan baik pada lingkungan yang sehat. Apalagi Jika Anda berniat untuk memelihara ikan koi dalam mempercantik aquarium ataupun kolam ikan yang dimiliki, mempertahankan keindahan corak yang dia miliki adalah salah satu hal penting yang harus dijaga.

Kesalahan yang sering terjadi dalam memelihara ikan koi adalah membiarkannya hidup di dalam lingkungan air kolam yang kotor, kondisi air yang tidak sehat akan memicu berbagai kotoran yang menyebabkan pertumbuhan patogen. Memelihara ikan hias tentu tidak sama dengan ikan yang biasanya akan dikonsumsi, justru perawatan ikan hias yang lebih sulit. Salah satu penyakit ikan koi yang paling banyak dijumpai adalah Kutu Bulat (Argulosis), jenis penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi Argulus Japonicus.

Penyebab Penyakit Kutu Bulat (Argulosis) pada Ikan Koi

Banyak sekali kasus ikan koi yang mengalami sakit Kutu Bulat (Argulosis), hal ini tentu menjadi pertimbangan bagi anda untuk mempertahankan kondisi kesehatan. Bakteri Argulus Japonicus bisa berkembang dengan baik dan menyebabkan ikan koi mengalami infeksi karena kondisi air yang kurang baik. Langkah mudah dalam menjaga kesehatan ikan koi adalah dengan menjaga kesehatan air kolam tempat ia tinggal.

Ciri-ciri Ikan Terinfeksi Kutu Bulat (Argulosis)

Ikan yang mengalami penyakit Kutu Bulat (Argulosis) akan menunjukkan gejala berupa: ikan sering berenang liar, dan sering menggosokan badannya ke dinding dan dasar kolam (flashing) kadang sering melompat ke permukaan, ada luka infeksi bekas tempat gigitan dengan lapisan lendir berlebih, diam disudut atau pancuran kolam. Jika benar ia telah mengalami gejala awal pada penyakit Kutu Bulat (Argulosis), kondisi ini akan semakin parah Jika ikan sudah mengalami dibeberapa kasus koi kehilangan nafsu makan, gatal-gatal, sirip dan kulit akan berwarna putih . Jangan terus menunda pengobatan ikan koi yang sedang terinfeksi bakteri Argulus Japonicus sehingga menyebabkan penyakit Kutu Bulat (Argulosis) hingga ia menderita , peradangan, .

Pengobatan Penyakit Kutu Bulat (Argulosis) pada Ikan Koi

Perusahaan kami tidak hanya dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan supplier ikan kami serta jasa pembuatan kolam ikan saja. Tapi kami juga dapat membantu anda dalam mengatasi ikan koi yang sedang menderita penyakit Kutu Bulat (Argulosis). Anda bisa langsung memberikan obat Gunakan pinset untuk mencabut kutu (jika hanya tampak 1-2 ekor saja) sebagai Penanganan pada ikan koi yang memiliki gejala awal penyakit Kutu Bulat (Argulosis).

Jika ikan koi terlihat seperti mengalami penyakit Kutu Bulat (Argulosis) yang termasuk dalam gejala lanjut, anda dapat memberikan obat Diflubenzuron dengan takaran 1 ppm. Anda bisa melihat secara langsung Apakah obat ini memberikan Efek positif atau justru tidak memiliki dampak sama sekali, untuk ikan koi yang menderita penyakit Kutu Bulat (Argulosis) dalam keadaan kritis Anda dapat memberikannya Metrifonate dengan dengan takaran 0,2 – 0,5 ppm.

Apabila anda merasa kesulitan dalam mencari obat yang sudah kami sebutkan diatas, kami dapat membantu anda menggunakan obat alami sebagai alternatif lain yang lebih mudah untuk didapatkan. Kami merekomendasikan anda untuk menggunakan bahan alami karena ia aman dan lebih mudah didapatkan. Obat alami yang efektif untuk menurunkan kondisi Kutu Bulat (Argulosis) adalah Dylox dengan takaran 5-10 ppm, Trichlorfon dengan dosis 0,2 – 0,5 ppm, Daun Pace.

Pencegahan Penyakit Kutu Bulat (Argulosis) pada Ikan Koi

Jika ikan koi yang anda miliki sudah terlanjut terinfeksi bakteri Argulus Japonicus dan mengalami Kutu Bulat (Argulosis), kini anda bisa melakukan pencegahan. Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya infeksi Argulus Japonicus dalam ikan koi adalah dengan melakukan:

  • Jangan memasukan ikan baru tampa melalui proses karantina dengan menggunakan obat kutu
  • Lakukan pemberian obat kutu secara reguler 3 bulan sekali
  • Pemberian Abate 1 gr per 1000 liter air stiap bulan dapat mencegah serangan kutu

Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam menangani ikan koi yang sedang sakit Kutu Bulat (Argulosis), dengan senang hati kami juga memberikan komunitas untuk bergabung dengan para pecinta ikan koi. Anda dapat masuk pada grup pecinta ikan koi secara gratis dan saling berbagi informasi terkait budidaya ikan hias. Perusahaan kami adalah salah satu supplier ikan koi yang ada di Blitar dan senantiasa membantu anda dalam proses budidaya segala macam jenis ikan koi.

Join Grup WhatsApp
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia
Join Grup Telegram
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia