Penyebab Koi Herpes Virus (KHV) Ikan Koi & Cara Mengobatinya

Ikan koi adalah jenis ikan hias yang memiliki keindahan tubuh terlihat dari keindahan corak yang dia miliki pada bagian tubuhnya. Memelihara ikan koi di dalam kolam ikan ataupun akuarium dapat menambah pemilik kolam menjadi lebih rileks ketika melihat ia berenang di dasar air. Ikan koi bisa anda pelihara dan berkembang dengan baik pada lingkungan yang sehat. Ikan hias selain menjaga kesehatannya, anda juga perlu merawat supaya keindahan corak yang ia miliki tidak pudar.

Salah satu tantangan dalam memelihara ikan koi adalah menjaga kondisi lingkungan tempat Ikan berada, lingkungan tempat ikan koi yang kotor justru dapat mengundang kemungkinan patogen untuk tumbuh. Memelihara ikan hias tentu tidak sama dengan ikan yang biasanya akan dikonsumsi, justru perawatan ikan hias yang lebih sulit. Salah satu penyakit yang sering mengganggu kesehatan ikan koi adalah Koi Herpes Virus (KHV).

Penyebab Penyakit Koi Herpes Virus (KHV) pada Ikan Koi

Banyak sekali kasus ikan koi yang mengalami sakit Koi Herpes Virus (KHV), hal ini tentu menjadi pertimbangan bagi anda untuk mempertahankan kondisi kesehatan. Koi Herpes Virus (KHV) adalah jenis penyakit yang biasanya diderita oleh ikan hias dikarenakan beberapa faktor, salah satu penyebab utama adalah adanya bakteri Cyprinid herpesvirus 3. Oleh karena itu sangat penting bagi anda menjaga kebersihan kolam ikan agar dapat mencegah terjadinya penyakit Koi Herpes Virus (KHV).

Ciri-ciri Ikan Terinfeksi Koi Herpes Virus (KHV)

Setiap penyakit yang diderita oleh ikan koi memiliki ciri yang berbeda, jika ikan koi Anda mengalami gejala gejala khas penyakit khv dapat dilihat dari kerusakan yang terjadi pada insang yang diawali dengan memucatnya warna insang dan selanjutnya terjadi kerusakan pada lembaran insang, pada kasus serangan yang parah yaitu insang akan mengalami pendarahan yang umumnya terlihat kesulitan bernafas, gerakannya tidak terkontrol kemungkinan besar ia telah terinfeksi penyakit Koi Herpes Virus (KHV). Jika kondisi ikan koi yang mengalami Koi Herpes Virus (KHV) semakin parah ia dapat mengalami gejala akut mata terlihat cekung, nafsu makan menurun, produksi lendir berlebihan diikuti dengan munculnya luka seperti melepuh disekujur badan akibat infeksi bakteri. Anda harus segera melakukan pencegahan sebelum ikan koi yang sakit Koi Herpes Virus (KHV) pada tahap gejala lanjut pendaran dari insang, kerusakan tubuh bagian luar, kematian singkat dalam waktu 2-3 hari dalam jumlah banyak.

Pengobatan Penyakit Koi Herpes Virus (KHV) pada Ikan Koi

Kami adalah pusat budidaya ikan koi yang ada di Blitar sehingga sudah berpengalaman dengan segala permasalahan yang terjadi terkait dengan kesehatan ikan koi. Kami dapat membantu anda dalam menangani penyakit Koi Herpes Virus (KHV) dengan memberikan saran obat untuk melawan bakteri Cyprinid herpesvirus 3 Anda bisa langsung memberikan obat Vaksin sebagai Penanganan pada ikan koi yang memiliki gejala awal penyakit Koi Herpes Virus (KHV).

Pemakaian konsumsi obat ikan koi akan disesuaikan dengan gejala yang ia alami, jadi anda harus tahu apakah itu gejala awal, lanjut, atau justru gejala yang sudah akut. Jika pada gejala lanjut Anda bisa memberikannya obat Methylene Blue. Anda bisa melihat secara langsung Apakah obat ini memberikan Efek positif atau justru tidak memiliki dampak sama sekali, untuk ikan koi yang menderita penyakit Koi Herpes Virus (KHV) dalam keadaan kritis Anda dapat memberikannya Diflubenzuron dengan takaran 1 ppm.

Apabila anda merasa kesulitan dalam mencari obat yang sudah kami sebutkan diatas, kami dapat membantu anda menggunakan obat alami sebagai alternatif lain yang lebih mudah untuk didapatkan. Menggunakan bahan alami untuk mengatasi Koi Herpes Virus (KHV) yang diderita ikan koi tentu lebih hemat biaya. Obat alami yang efektif untuk menurunkan kondisi Koi Herpes Virus (KHV) adalah Daun Pace, Daun Jambu Biji, Daun sirsat.

Pencegahan Penyakit Koi Herpes Virus (KHV) pada Ikan Koi

Jika ikan koi Anda ada yang menderita penyakit Koi Herpes Virus (KHV) segera lakukan isolasi pada ikan tersebut di ember yang berbeda, anda juga harus melakukan pencegahan penyakit Koi Herpes Virus (KHV) agar ikan lain yang berada di kolam tidak menderita sakit yang sama. Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya infeksi Cyprinid herpesvirus 3 dalam ikan koi adalah dengan melakukan:

  • Jangan Memasukan ikan di kolam tampa proses karantina yang cukup
  • Pemberian Vitamin C dan bawang putih yang dicampur kedalam pakan
  • Jaga kebersihan kolam

Jika anda ingin mempelajari bagaimana teknik budidaya yang baik dalam pemeliharaan ikan koi, kami menawarkan anda untuk bergabung pada komunitas. Kami telah menyediakan forum / grup bagi para pecinta koi untuk membagikan berbagai informasi penting mereka kepada anda. Kami bukan hanya supplier ikan koi, tapi juga senantiasa membantu anda dalam melakukan proses budidaya ikan koi.

Join Grup WhatsApp
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia
Join Grup Telegram
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia