Penyebab Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) Ikan Koi & Cara Mengobatinya

Ikan koi adalah jenis ikan hias yang memiliki keindahan tubuh terlihat dari keindahan corak yang dia miliki pada bagian tubuhnya. Dengan memelihara ikan koi banyak orang Jepang yang percaya bahwa ia dapat membawa keberuntungan. Meskipun sebenarnya memelihara ikan koi itu mudah, menjaga keindahan warna tubuh sekaligus membudidayakannya membutuhkan teknik tertentu. Apalagi Jika Anda berniat untuk memelihara ikan koi dalam mempercantik aquarium ataupun kolam ikan yang dimiliki, mempertahankan keindahan corak yang dia miliki adalah salah satu hal penting yang harus dijaga.

Anda harus memperhatikan kondisi kesehatan lingkungan kolam ikan, karena jika lingkungannya kotor justru dapat mengundang pertumbuhan patogen. Teknik pemeliharaan ikan koi berbeda dengan jenis ikan yang dikonsumsi, ikan koi termasuk ikan hias yang Justru lebih sulit dalam proses perawatan karena ia rentan sekali terhadap penyakit. Salah satu penyakit yang sering mengganggu kesehatan ikan koi adalah Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis).

Penyebab Penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) pada Ikan Koi

Apakah sekarang ini ikan koi anda di rumah sedang sakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis)? Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) adalah salah satu penyakit yang banyak diderita ikan hias karena disebabkan oleh adanya bakteri Saprolegnia sp. Langkah mudah dalam menjaga kesehatan ikan koi adalah dengan menjaga kesehatan air kolam tempat ia tinggal.

Ciri-ciri Ikan Terinfeksi Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis)

Untuk mengetahui apakah ikan koi yang anda miliki di rumah sedang mengalami penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) atau tidak Anda bisa melihat gejala awal yang akan terjadi, yaitu: pada tahap awal muncul bercak putih keabuan pada kulit berukuran kecil makin lama makin besar pada ekor dan jaringan lunak dan diujung sirip yang bersifat lokal (terlokalisir), tahap lanjut muncul muncul selaput putih seperti kapas pada kulit dan insang, ikan menjadi malas bergerak dan kurang respon terhadap ransangan. Jika ikan koi yang anda miliki tidak mempunyai ciri-ciri gejala awal, bisa jadi ia sudah melalui tahap tersebut dan kondisinya pada gejala lanjut ikan sering menggosokan badannya ke dinding dan dasar kolam, sebelum mati ikan menunjukan gejala kehilangan keseimbangan yang berakibat kematian ikan karena masalah osmosis jika infeksi di insang berakibat kesulitan bernafas, . Anda harus segera melakukan pencegahan sebelum ikan koi yang sakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) pada tahap gejala lanjut , , .

Pengobatan Penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) pada Ikan Koi

Perusahaan kami tidak hanya dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan supplier ikan kami serta jasa pembuatan kolam ikan saja. Kami dapat membantu anda dalam mengatasi penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) yang saat ini diderita oleh ikan koi akibat terinfeksi Saprolegnia sp. Anda bisa langsung memberikan obat Perendaman kedalam larutan 1 gram/100 liter air Kalium Permangatat (PK) selama 90 menit sebagai Penanganan pada ikan koi yang memiliki gejala awal penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis).

Jika ikan koi terlihat seperti mengalami penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) yang termasuk dalam gejala lanjut, anda dapat memberikan obat Perendaman kedalam 100-200 ppm Formalin selama 1-3 jam. atau jika obat tersebut tidak memberikan efek samping yang baik bisa langsung memberikan obat Perendaman kedalam 3-5 ppm Methylene Blue selama 24 jam.

Tidak hanya dapat memberikan obat seperti daftar di atas saja, ternyata beberapa bahan alami bisa anda manfaatkan untuk menangani penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis). Menggunakan bahan alami dalam menangani penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis), tentu tidak membutuhkan biaya yang mahal dan dan lebih mudah dalam mencari. Berikut adalah beberapa daftar obat alami dalam penanganan penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis): Bawang Putih, Daun Pace, Daun Jarak bali

Pencegahan Penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) pada Ikan Koi

Tentu saja akan lebih baik bagi anda melakukan pencegahan daripada pengobatan pada ikan koi yang sudah terlanjur sakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis). Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya infeksi Saprolegnia sp dalam ikan koi adalah dengan melakukan:

  • Jaga parameter air kolam stabil dan sehat sehingga ikan tidak stress
  • Jaga PH air diatas 6,5
  • Jangan memasukan ikan baru tampa melalui proses karantina yang cukup (minimal 7 hari) karena infeksi ini memiliki masa laten 5 hari

Jika anda merasa kesulitan dalam menangani penyakit ikan koi Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) bisa langsung bergabung dengan komunitas pecinta ikan koi yang telah kami buat. Dalam komunitas ini anda bisa langsung berkonsultasi dengan anggota komunitas yang memiliki ikan koi dengan berbagai macam jenis. Kami juga dapat langsung memandu Anda mengenai penanganan penyakit ikan koi Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis).

Join Grup WhatsApp
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia
Join Grup Telegram
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia