Penyebab Hikkui Ikan Koi & Cara Mengobatinya

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang dipelihara untuk memperindah tampilan di dalam kolam. Memelihara ikan koi di dalam kolam ikan ataupun akuarium dapat menambah pemilik kolam menjadi lebih rileks ketika melihat ia berenang di dasar air. Jika anda juga salah satu orang yang mencintai ikan hias seperti ikan koi, ikan ini dapat berkembang dan lebih indah jika dirawat pada lingkungan kolam. Apalagi Jika Anda berniat untuk memelihara ikan koi dalam mempercantik aquarium ataupun kolam ikan yang dimiliki, mempertahankan keindahan corak yang dia miliki adalah salah satu hal penting yang harus dijaga.

Salah satu tantangan dalam memelihara ikan koi adalah menjaga kondisi lingkungan tempat Ikan berada, lingkungan tempat ikan koi yang kotor justru dapat mengundang kemungkinan patogen untuk tumbuh. Anda perlu mengetahui bahwa ikan hias seperti koi yang ini karakteristiknya sangat berbeda dengan jenis ikan pada umumnya, jenis ikan hias lebih rentan terhadap serangan penyakit. Penyakit yang paling banyak mengganggu kesehatan ikan koi adalah Hikkui.

Penyebab Penyakit Hikkui pada Ikan Koi

Banyak sekali kasus ikan koi yang mengalami sakit Hikkui, hal ini tentu menjadi pertimbangan bagi anda untuk mempertahankan kondisi kesehatan. Hikkui adalah salah satu penyakit yang banyak diderita ikan hias karena disebabkan oleh adanya bakteri Cyprinid Herpesvirus 1 (CyHV-1). Langkah mudah dalam menjaga kesehatan ikan koi adalah dengan menjaga kesehatan air kolam tempat ia tinggal.

Ciri-ciri Ikan Terinfeksi Hikkui

Apakah ikan hias Anda saat ini mengalami penyakit Hikkui? Segera cek kondisi kesehatan ikan koi anda apakah ia mengalami hal berikut: muncul spot perubahan warna (memudar), muncul benjolan sejenis tumor yang semakin lama semakin lama semakin besar dan banyak, muncul benjolan sejenis tumor yang semakin lama semakin lama semakin besar dan banyak. Jika ikan koi yang anda miliki tidak mempunyai ciri-ciri gejala awal, bisa jadi ia sudah melalui tahap tersebut dan kondisinya pada gejala lanjut , , . Anda harus segera melakukan pencegahan sebelum ikan koi yang sakit Hikkui pada tahap gejala lanjut cacat permanen, , .

Pengobatan Penyakit Hikkui pada Ikan Koi

Kami adalah salah satu pusat budidaya ikan koi yang dapat membantu anda dalam memenuhi segala kebutuhan penanganan penyakit ikan koi ataupun supply berbagai macam jenis ikan koi. Jika anda memiliki ikan koi yang sedang menderita Hikkui, beruntung karena sudah menemukan website yang tepat. Anda bisa langsung memberikan obat Plester Cauteriser sebagai Penanganan pada ikan koi yang memiliki gejala awal penyakit Hikkui.

Jika kondisi ikan koi semakin parah anda bisa memberikannya Bubuk Oraheasive. Apabila kondisi ikan koi semakin parah Anda juga dapat memberikan obat G7 liquid sealer sebagai penanganan terbaik.

Menangani penyakit Hikkui yang disebabkan karena bakteri Cyprinid Herpesvirus 1 (CyHV-1) juga dapat anda tangani dengan melakukan pengobatan secara alami. Menggunakan bahan alami dalam menangani penyakit Hikkui, tentu tidak membutuhkan biaya yang mahal dan dan lebih mudah dalam mencari. Obat alami yang efektif untuk menurunkan kondisi Hikkui adalah Daun Lidah buaya, Daun ketapang, Bawang Putih.

Pencegahan Penyakit Hikkui pada Ikan Koi

Jika ikan koi yang anda miliki sudah terlanjut terinfeksi bakteri Cyprinid Herpesvirus 1 (CyHV-1) dan mengalami Hikkui, kini anda bisa melakukan pencegahan. Ada langkah pencegahan yang dapat anda lakukan meliputi:

  • Menjaga Kesehatan Air
  • Mengontrol Parameter Air
  • Memasang Lampu Uv-c Yang Memiliki Kemampuan Membunuh Virus.

Jika anda ingin mempelajari bagaimana teknik budidaya yang baik dalam pemeliharaan ikan koi, kami menawarkan anda untuk bergabung pada komunitas. Kami telah menyediakan Group khusus bagi para pecinta koi dalam membagikan informasi yang mereka ketahui seputar ikan hias. Kami juga dapat langsung memandu Anda mengenai penanganan penyakit ikan koi Hikkui.

Join Grup WhatsApp
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia
Join Grup Telegram
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia