Penyebab Gill Flukes & Skin Flukes Ikan Koi & Cara Mengobatinya

Ikan koi adalah ikan hias yang banyak diminati karena keindahan corak pada tubuhnya. Ikan koi adalah jenis ikan hias yang berasal dari Jepang dan juga disebut sebagai ikan karper / ikan mas. Jika anda juga salah satu orang yang mencintai ikan hias seperti ikan koi, ikan ini dapat berkembang dan lebih indah jika dirawat pada lingkungan kolam. Ikan hias selain menjaga kesehatannya, anda juga perlu merawat supaya keindahan corak yang ia miliki tidak pudar.

Lingkungan tempat ikan koi berada yang tidak terawat atau kotor menjadi kemungkinan besar patogen penyakit tumbuh. Anda perlu mengetahui bahwa ikan hias seperti koi yang ini karakteristiknya sangat berbeda dengan jenis ikan pada umumnya, jenis ikan hias lebih rentan terhadap serangan penyakit. Salah satu penyakit ikan koi yang paling banyak dijumpai adalah Gill Flukes & Skin Flukes, jenis penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi Dactylogyrus spp & Gyrodactylus spp.

Penyebab Penyakit Gill Flukes & Skin Flukes pada Ikan Koi

Ikan koi bisa mengalami penyakit Gill Flukes & Skin Flukes karena banyak faktor, tapi faktor yang paling memungkinkan terjadinya penyakit adalah infeksi dari bakteri Dactylogyrus spp & Gyrodactylus spp. Gill Flukes & Skin Flukes adalah salah satu penyakit yang banyak diderita ikan hias karena disebabkan oleh adanya bakteri Dactylogyrus spp & Gyrodactylus spp. Supaya ikan koi tidak mengalami Gill Flukes & Skin Flukes, anda perlu menjaga kebersihan dan kesehatan kolam ikan supaya terhindar dari resiko pertumbuhan bakteri Dactylogyrus spp & Gyrodactylus spp.

Ciri-ciri Ikan Terinfeksi Gill Flukes & Skin Flukes

Setiap penyakit yang diderita oleh ikan koi memiliki ciri yang berbeda, jika ikan koi Anda mengalami gejala kehilangan nafsu makan, kecenderungan mendekati sumber air masuk (water inlet), menggesekan badan dasar dan dinding kolam kemungkinan besar ia telah terinfeksi penyakit Gill Flukes & Skin Flukes. Jika kondisi ikan koi yang mengalami Gill Flukes & Skin Flukes semakin parah ia dapat mengalami gejala akut terlihat mengunyah walaupun tidak ada pakan, menggesekan kepala (insang) kedasar kolam, ikan menjadi penakut dan selalu sembunyi sepanjang waktu. Anda harus segera melakukan pencegahan sebelum ikan koi yang sakit Gill Flukes & Skin Flukes pada tahap gejala lanjut warna kulit memudar dan pucat ada selaput keabuan, ikan menjadi penakut dan selalu sembunyi sepanjang waktu., insang teriritasi dan berwarna merah tua.

Pengobatan Penyakit Gill Flukes & Skin Flukes pada Ikan Koi

Perusahaan kami tidak hanya dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan supplier ikan kami serta jasa pembuatan kolam ikan saja. Tapi kami juga dapat membantu anda dalam mengatasi ikan koi yang sedang menderita penyakit Gill Flukes & Skin Flukes. Kami akan membantu anda dalam memberikan pengobatan dalam menangani penyakit Gill Flukes & Skin Flukes yaitu memberikan obat awal berupa Praziquantel.

Jika ikan koi terlihat seperti mengalami penyakit Gill Flukes & Skin Flukes yang termasuk dalam gejala lanjut, anda dapat memberikan obat Formalin. Jika kondisi ikan koi yang terserang bakteri Dactylogyrus spp & Gyrodactylus spp justru menandakan gejala akut Anda bisa langsung memberikannya Potassium Permanganat.

Tidak hanya dapat memberikan obat seperti daftar di atas saja, ternyata beberapa bahan alami bisa anda manfaatkan untuk menangani penyakit Gill Flukes & Skin Flukes. Kami merekomendasikan anda untuk menggunakan bahan alami karena ia aman dan lebih mudah didapatkan. Berikut adalah obat alami yang bisa membantu Anda dalam mengatasi Gill Flukes & Skin Flukes yaitu: Laos/lengkuas, Daun Sirih, Daun Meniran.

Pencegahan Penyakit Gill Flukes & Skin Flukes pada Ikan Koi

Banyak pepatah yang mengatakan bahwa melakukan pencegahan lebih baik daripada mengobati, hal ini tentu saja berlaku bagi ikan koi yang anda miliki supaya tidak sampai terkena penyakit Gill Flukes & Skin Flukes akibat Dactylogyrus spp & Gyrodactylus spp. Kali ini anda dapat melakukan pencegahan supaya kolam ikan koi tidak mengandung bakteri Dactylogyrus spp & Gyrodactylus spp sehingga menyebabkan Gill Flukes & Skin Flukes terjangkit pada ikan koi yang lainnya, dengan melakukan pencegahan seperti:

  • Hindari kepadatan kolam
  • Cegah hewan pembawa seperti burung, tikus atau hewan lainnya kekolam.
  • Lakukan pencegahan setiap bulan sekali menggunakan Potassium Permanganat dosis 2mg/L atau senyawa organophospate.

Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam menangani ikan koi yang sedang sakit Gill Flukes & Skin Flukes, dengan senang hati kami juga memberikan komunitas untuk bergabung dengan para pecinta ikan koi. Kami telah menyediakan Group khusus bagi para pecinta koi dalam membagikan informasi yang mereka ketahui seputar ikan hias. Kami bukan hanya supplier ikan koi, tapi juga senantiasa membantu anda dalam melakukan proses budidaya ikan koi.

Join Grup WhatsApp
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia
Join Grup Telegram
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia