Penyebab Dystocia (Gagal Berpijah) Ikan Koi & Cara Mengobatinya

Ikan koi adalah jenis ikan hias yang memiliki keindahan tubuh terlihat dari keindahan corak yang dia miliki pada bagian tubuhnya. Dengan memelihara ikan koi banyak orang Jepang yang percaya bahwa ia dapat membawa keberuntungan. Meskipun sebenarnya memelihara ikan koi itu mudah, menjaga keindahan warna tubuh sekaligus membudidayakannya membutuhkan teknik tertentu. Ikan hias selain menjaga kesehatannya, anda juga perlu merawat supaya keindahan corak yang ia miliki tidak pudar.

Salah satu tantangan dalam memelihara ikan koi adalah menjaga kondisi lingkungan tempat Ikan berada, lingkungan tempat ikan koi yang kotor justru dapat mengundang kemungkinan patogen untuk tumbuh. Anda perlu mengetahui bahwa ikan hias seperti koi yang ini karakteristiknya sangat berbeda dengan jenis ikan pada umumnya, jenis ikan hias lebih rentan terhadap serangan penyakit. Banyak sekali bakteri yang dapat memicu terjadinya penyakit Dystocia (Gagal Berpijah) pada ikan koi seperti belum diketahui.

Penyebab Penyakit Dystocia (Gagal Berpijah) pada Ikan Koi

Apakah sekarang ini ikan koi anda di rumah sedang sakit Dystocia (Gagal Berpijah)? Dystocia (Gagal Berpijah) adalah jenis penyakit yang biasanya diderita oleh ikan hias dikarenakan beberapa faktor, salah satu penyebab utama adalah adanya bakteri belum diketahui. Supaya ikan koi tidak mengalami Dystocia (Gagal Berpijah), anda perlu menjaga kebersihan dan kesehatan kolam ikan supaya terhindar dari resiko pertumbuhan bakteri belum diketahui.

Ciri-ciri Ikan Terinfeksi Dystocia (Gagal Berpijah)

Apakah ikan hias Anda saat ini mengalami penyakit Dystocia (Gagal Berpijah)? Segera cek kondisi kesehatan ikan koi anda apakah ia mengalami hal berikut: perut koi membesar dibawah garis lateral, jika dipegang terasa mengeras, ikan menjadi tidak gesit pergerakannya, bagian kelamin tampak memerah. Jika ikan koi yang anda miliki tidak mempunyai ciri-ciri gejala awal, bisa jadi ia sudah melalui tahap tersebut dan kondisinya pada gejala lanjut , , . Jangan terus menunda pengobatan ikan koi yang sedang terinfeksi bakteri belum diketahui sehingga menyebabkan penyakit Dystocia (Gagal Berpijah) hingga ia menderita , , .

Pengobatan Penyakit Dystocia (Gagal Berpijah) pada Ikan Koi

Perusahaan kami adalah salah satu pusat tempat budidaya ikan koi yang ada di kota Blitar, kami telah berpengalaman dalam menangani segala kebutuhan suplai ikan koi dan menangani permasalahannya. Kami dapat membantu anda dalam menangani penyakit Dystocia (Gagal Berpijah) dengan memberikan saran obat untuk melawan bakteri belum diketahui Berikut adalah informasi yang bisa anda jadikan referensi dalam pengobatan penanganan penyakit Dystocia (Gagal Berpijah) yang diakibatkan dari belum diketahui.

Jika kondisi kesehatan ikan koi justru menandakan gejala lanjut penyakit Dystocia (Gagal Berpijah), anda dapat balik pengobatan Vaksin. Jika kondisi ikan koi yang terserang bakteri belum diketahui justru menandakan gejala akut Anda bisa langsung memberikannya Diflubenzuron dengan takaran 1 ppm.

Menangani penyakit Dystocia (Gagal Berpijah) yang disebabkan karena bakteri belum diketahui juga dapat anda tangani dengan melakukan pengobatan secara alami. Menggunakan bahan alami untuk mengatasi Dystocia (Gagal Berpijah) yang diderita ikan koi tentu lebih hemat biaya. Daftar obat alami yang dapat anda gunakan untuk mengatasi infeksi akibat belum diketahui adalah Tanaman serai, Daun Sirih, Daun sirsat.

Pencegahan Penyakit Dystocia (Gagal Berpijah) pada Ikan Koi

Jika ikan koi Anda ada yang menderita penyakit Dystocia (Gagal Berpijah) segera lakukan isolasi pada ikan tersebut di ember yang berbeda, anda juga harus melakukan pencegahan penyakit Dystocia (Gagal Berpijah) agar ikan lain yang berada di kolam tidak menderita sakit yang sama. Ada langkah pencegahan yang dapat anda lakukan meliputi:

  • Dipijahkan
  • Buang Telur
  • Tindakan medis menggunakan CPE (Carp Pituitary Extract) melalui suntikan dengan dosis 0,3 grm per berat ikan dan diulangi setiap 18 jam

Jika anda merasa kesulitan dalam menangani penyakit ikan koi Dystocia (Gagal Berpijah) bisa langsung bergabung dengan komunitas pecinta ikan koi yang telah kami buat. Kami telah menyediakan forum / grup bagi para pecinta koi untuk membagikan berbagai informasi penting mereka kepada anda. Kami bukan hanya supplier ikan koi, tapi juga senantiasa membantu anda dalam melakukan proses budidaya ikan koi.

Join Grup WhatsApp
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia
Join Grup Telegram
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia