Penyebab Dropsi (Pine Cone) Ikan Koi & Cara Mengobatinya

Ikan koi adalah ikan hias yang banyak diminati karena keindahan corak pada tubuhnya. Memelihara ikan koi di dalam kolam ikan ataupun akuarium dapat menambah pemilik kolam menjadi lebih rileks ketika melihat ia berenang di dasar air. Jika anda juga salah satu orang yang mencintai ikan hias seperti ikan koi, ikan ini dapat berkembang dan lebih indah jika dirawat pada lingkungan kolam. Jika anda ingin memperoleh ikan koi dengan warna serta corak yang indah, maka kami sarankan untuk wajib melakukan perawatan dan menjaga kebersihan lingkungan.

Lingkungan tempat ikan koi berada yang tidak terawat atau kotor menjadi kemungkinan besar patogen penyakit tumbuh. Anda perlu mengetahui bahwa ikan hias seperti koi yang ini karakteristiknya sangat berbeda dengan jenis ikan pada umumnya, jenis ikan hias lebih rentan terhadap serangan penyakit. Salah satu penyakit ikan koi yang paling banyak dijumpai adalah Dropsi (Pine Cone), jenis penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi belum diketahui.

Penyebab Penyakit Dropsi (Pine Cone) pada Ikan Koi

Apakah sekarang ini ikan koi anda di rumah sedang sakit Dropsi (Pine Cone)? Selain karena hal itu, penyakit ikan koi Dropsi (Pine Cone) juga disebabkan karena adanya bakteri belum diketahui. Oleh karena itu sangat penting bagi anda menjaga kebersihan kolam ikan agar dapat mencegah terjadinya penyakit Dropsi (Pine Cone).

Ciri-ciri Ikan Terinfeksi Dropsi (Pine Cone)

Apakah ikan hias Anda saat ini mengalami penyakit Dropsi (Pine Cone)? Segera cek kondisi kesehatan ikan koi anda apakah ia mengalami hal berikut: perut ikan terlihat dibagian perut ikanmembesar secara bilateral, pada ikan bersisik dropsi menyebabkan sisik ikan terangkat yang terkadang diikuti oleh munculnya bercak darah, kotoran ikan tampak lebih panjang dan berwarna pucat kadang disertai pendarahan atau berwarna hitam. Jika benar ia telah mengalami gejala awal pada penyakit Dropsi (Pine Cone), kondisi ini akan semakin parah Jika ikan sudah mengalami obesitas, , . Anda harus segera melakukan pencegahan sebelum ikan koi yang sakit Dropsi (Pine Cone) pada tahap gejala lanjut gagal ginjal, tumor, retensi telur.

Pengobatan Penyakit Dropsi (Pine Cone) pada Ikan Koi

Perusahaan kami adalah salah satu pusat tempat budidaya ikan koi yang ada di kota Blitar, kami telah berpengalaman dalam menangani segala kebutuhan suplai ikan koi dan menangani permasalahannya. Kami dapat membantu anda dalam mengatasi penyakit Dropsi (Pine Cone) yang saat ini diderita oleh ikan koi akibat terinfeksi belum diketahui. Berikut adalah informasi yang bisa anda jadikan referensi dalam pengobatan penanganan penyakit Dropsi (Pine Cone) yang diakibatkan dari belum diketahui. Anda harus memberikan obat pada ikan koi sesuai dengan gejala yang sedang ia alami, untuk pengobatan awal Anda dapat memberikan Memperbaiki kualitas air, dan cari penyebab utamanya.

Pemakaian konsumsi obat ikan koi akan disesuaikan dengan gejala yang ia alami, jadi anda harus tahu apakah itu gejala awal, lanjut, atau justru gejala yang sudah akut. Jika pada gejala lanjut Anda bisa memberikannya obat Rendam dalam larutan yg mengandung Oxytetracycline atau Enrofloxacin 2 gr per m3 dan 0,1%-0,3% akan mengurangi stress osmosis. Apabila kondisi ikan koi semakin parah Anda juga dapat memberikan obat Infeksi bakteri diobati dengan antibiotik Terramicyn Injection dengan takaran 1 CC per kg berat badan sebagai penanganan terbaik.

Penanganan penyakit seperti Dropsi (Pine Cone) yang disebabkan karena belum diketahui tidak hanya dapat diatasi dengan menggunakan obat di atas, anda dapat memanfaatkan pengobatan secara alami. Menggunakan bahan alami dalam menangani penyakit Dropsi (Pine Cone), tentu tidak membutuhkan biaya yang mahal dan dan lebih mudah dalam mencari. Berikut adalah beberapa daftar obat alami dalam penanganan penyakit Dropsi (Pine Cone): Beri pakan yang mengandung Oxytetracycline 2 gr dicampur 1 kg pakan selama pengobatan, Banyak expert menyatakan Dropsi sulit diobati dan bila dalam 3 hari ditangani tidak menunjukan kemajuan maka tindakan euthanasia lebih humanis, Daun sirsat

Pencegahan Penyakit Dropsi (Pine Cone) pada Ikan Koi

Jika ikan koi Anda ada yang menderita penyakit Dropsi (Pine Cone) segera lakukan isolasi pada ikan tersebut di ember yang berbeda, anda juga harus melakukan pencegahan penyakit Dropsi (Pine Cone) agar ikan lain yang berada di kolam tidak menderita sakit yang sama. Kali ini anda dapat melakukan pencegahan supaya kolam ikan koi tidak mengandung bakteri belum diketahui sehingga menyebabkan Dropsi (Pine Cone) terjangkit pada ikan koi yang lainnya, dengan melakukan pencegahan seperti:

  • Senantiasa menjaga kebersihan kolam, karena umumnya lingkungan yang buruk menjadi penyebab timbulnya dropsy
  • Gunakan lampu UV untuk menekan pertumbuhan jamur di kolam
  • Jaga parameter air

Jika anda ingin mempelajari bagaimana teknik budidaya yang baik dalam pemeliharaan ikan koi, kami menawarkan anda untuk bergabung pada komunitas. Anda dapat masuk pada grup pecinta ikan koi secara gratis dan saling berbagi informasi terkait budidaya ikan hias. Kami juga dapat langsung memandu Anda mengenai penanganan penyakit ikan koi Dropsi (Pine Cone).

Join Grup WhatsApp
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia
Join Grup Telegram
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia