Penyebab Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis) Ikan Koi & Cara Mengobatinya

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang dipelihara untuk memperindah tampilan di dalam kolam. Ikan koi mempunyai kepercayaan tersendiri bagi orang Jepang bahwa ia bisa mendatangkan lebih banyak rezeki. Meskipun sebenarnya memelihara ikan koi itu mudah, menjaga keindahan warna tubuh sekaligus membudidayakannya membutuhkan teknik tertentu. Apalagi Jika Anda berniat untuk memelihara ikan koi dalam mempercantik aquarium ataupun kolam ikan yang dimiliki, mempertahankan keindahan corak yang dia miliki adalah salah satu hal penting yang harus dijaga.

Kesalahan yang sering terjadi dalam memelihara ikan koi adalah membiarkannya hidup di dalam lingkungan air kolam yang kotor, kondisi air yang tidak sehat akan memicu berbagai kotoran yang menyebabkan pertumbuhan patogen. Ikan koi mempunyai karakteristik yang berbeda dengan ikan yang dikonsumsi, hal ini karena ikan hias sangat rentan terhadap serangan penyakit. Salah satu penyakit yang sering mengganggu kesehatan ikan koi adalah Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis).

Penyebab Penyakit Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis) pada Ikan Koi

Banyak sekali kasus ikan koi yang mengalami sakit Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis), hal ini tentu menjadi pertimbangan bagi anda untuk mempertahankan kondisi kesehatan. Bakteri Branchiomyces sanguinis bisa berkembang dengan baik dan menyebabkan ikan koi mengalami infeksi karena kondisi air yang kurang baik. Oleh karena itu sangat penting bagi anda menjaga kebersihan kolam ikan agar dapat mencegah terjadinya penyakit Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis).

Ciri-ciri Ikan Terinfeksi Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis)

Untuk mengetahui apakah ikan koi yang anda miliki di rumah sedang mengalami penyakit Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis) atau tidak Anda bisa melihat gejala awal yang akan terjadi, yaitu: gejala awal ikan terjangkit branchiomyces sanguinis akan akan menunjukkan gejala bernafas dengan tersengal-sengal, ikan akan malas bergerak, insang tampak mengeras dipenuhi oleh jamur yang hampir serupa dengan tumpukan kotoran dan insang berwarna pucat. Jika ikan koi yang anda miliki tidak mempunyai ciri-ciri gejala awal, bisa jadi ia sudah melalui tahap tersebut dan kondisinya pada gejala lanjut ikan akan kehilangan nafsu makan, , . Anda harus segera melakukan pencegahan sebelum ikan koi yang sakit Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis) pada tahap gejala lanjut , , .

Pengobatan Penyakit Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis) pada Ikan Koi

Perusahaan kami adalah salah satu pusat tempat budidaya ikan koi yang ada di kota Blitar, kami telah berpengalaman dalam menangani segala kebutuhan suplai ikan koi dan menangani permasalahannya. Jika anda memiliki ikan koi yang sedang menderita Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis), beruntung karena sudah menemukan website yang tepat. Berikut adalah informasi yang bisa anda jadikan referensi dalam pengobatan penanganan penyakit Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis) yang diakibatkan dari Branchiomyces sanguinis. Anda harus memberikan obat pada ikan koi sesuai dengan gejala yang sedang ia alami, untuk pengobatan awal Anda dapat memberikan Perendaman selama 3 jam kedalam larutan yang berisi 0,3 ppm Malachite Green dan 1 ppm Copper Sulphate, setelah itu kuras air dan ganti air dengan larutan Acrivlavine 1 gr per m3 air. Lakukan selama 5 hari.

Jika ikan koi terlihat seperti mengalami penyakit Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis) yang termasuk dalam gejala lanjut, anda dapat memberikan obat Untuk gejala awal bisa dilakukan perendaman kedalam larutan 3-5% garam ikan selama 5 menit. Jika kondisi ikan koi yang terserang bakteri Branchiomyces sanguinis justru menandakan gejala akut Anda bisa langsung memberikannya Vaksin.

Menangani penyakit Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis) yang disebabkan karena bakteri Branchiomyces sanguinis juga dapat anda tangani dengan melakukan pengobatan secara alami. Menggunakan bahan alami dalam menangani penyakit Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis), tentu tidak membutuhkan biaya yang mahal dan dan lebih mudah dalam mencari. Obat alami yang efektif untuk menurunkan kondisi Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis) adalah Garam ikan dapat diberikan dikolam untuk mengikat nitrit, Laos/lengkuas, Bawang Putih.

Pencegahan Penyakit Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis) pada Ikan Koi

Jika ikan koi yang anda miliki sudah terlanjut terinfeksi bakteri Branchiomyces sanguinis dan mengalami Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis), kini anda bisa melakukan pencegahan. Kali ini anda dapat melakukan pencegahan supaya kolam ikan koi tidak mengandung bakteri Branchiomyces sanguinis sehingga menyebabkan Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis) terjangkit pada ikan koi yang lainnya, dengan melakukan pencegahan seperti:

  • Segera lakukan tindakan mengisolasi ikan yang terinfeksi penyakit ini
  • Rajin membersihkan chamber filter mekanis, kotoran yang menumpuk lama dapat menjadi sumber timbulnya jamur
  • Lakukan pengukuran parameter secara reguler terutama jaga pH diatas 6,5

Jika anda ingin mempelajari bagaimana teknik budidaya yang baik dalam pemeliharaan ikan koi, kami menawarkan anda untuk bergabung pada komunitas. Dalam komunitas ini anda bisa langsung berkonsultasi dengan anggota komunitas yang memiliki ikan koi dengan berbagai macam jenis. Perusahaan kami adalah salah satu supplier ikan koi yang ada di Blitar dan senantiasa membantu anda dalam proses budidaya segala macam jenis ikan koi.

Join Grup WhatsApp
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia
Join Grup Telegram
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia