Penyebab Blood Brown Ikan Koi & Cara Mengobatinya

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang dipelihara untuk memperindah tampilan di dalam kolam. Dengan memelihara ikan koi banyak orang Jepang yang percaya bahwa ia dapat membawa keberuntungan. Jika anda salah satu pecinta ikan hias yang senang memelihara ikan koi, ikan ini akan tumbuh dengan baik pada lingkungan yang sehat. Apalagi Jika Anda berniat untuk memelihara ikan koi dalam mempercantik aquarium ataupun kolam ikan yang dimiliki, mempertahankan keindahan corak yang dia miliki adalah salah satu hal penting yang harus dijaga.

Salah satu tantangan dalam memelihara ikan koi adalah menjaga kondisi lingkungan tempat Ikan berada, lingkungan tempat ikan koi yang kotor justru dapat mengundang kemungkinan patogen untuk tumbuh. Ikan koi mempunyai karakteristik yang berbeda dengan ikan yang dikonsumsi, hal ini karena ikan hias sangat rentan terhadap serangan penyakit. Penyakit yang paling banyak mengganggu kesehatan ikan koi adalah Blood Brown.

Penyebab Penyakit Blood Brown pada Ikan Koi

Air yang kotor di dalam tempat tinggal ikan koi dapat menghasilkan parasit ataupun bakteri yang dapat memicu terjadinya penyakit Blood Brown. Bakteri Nitriosomonas bisa berkembang dengan baik dan menyebabkan ikan koi mengalami infeksi karena kondisi air yang kurang baik. Oleh karena itu sangat penting bagi anda menjaga kebersihan kolam ikan agar dapat mencegah terjadinya penyakit Blood Brown.

Ciri-ciri Ikan Terinfeksi Blood Brown

Ikan yang mengalami penyakit Blood Brown akan menunjukkan gejala berupa: muncul urat merah pada tubuh, warna kulit menjadi kusam, ikan cenderung berada didekat pancuran air. Jika ikan koi yang anda miliki tidak mempunyai ciri-ciri gejala awal, bisa jadi ia sudah melalui tahap tersebut dan kondisinya pada gejala lanjut ikan sering menggantung dengan kepala dibawah dan ekor diatas, pada kondisi parah sering dijumpai ulcer dan rusak sisik akibat infeksi sekunder, sisik memar dan berdarah. Segera bantu penanganan ikan koi yang sudah terinfeksi bakteri Nitriosomonas agar ia tidak sampai menderita gejala akut muncul luka/ulcer atau iritasi pada sekujur tubuh ikan., , yang sudah termasuk dalam kondisi kritis.

Pengobatan Penyakit Blood Brown pada Ikan Koi

Kami adalah salah satu pusat budidaya ikan koi yang dapat membantu anda dalam memenuhi segala kebutuhan penanganan penyakit ikan koi ataupun supply berbagai macam jenis ikan koi. Jika anda memiliki ikan koi yang sedang menderita Blood Brown, beruntung karena sudah menemukan website yang tepat. Berikut adalah informasi yang bisa anda jadikan referensi dalam pengobatan penanganan penyakit Blood Brown yang diakibatkan dari Nitriosomonas. Anda harus memberikan obat pada ikan koi sesuai dengan gejala yang sedang ia alami, untuk pengobatan awal Anda dapat memberikan Ganti air sebagian 20%-30% untuk mengurangi konsentrasi nitrit.

Jika ikan koi terlihat seperti mengalami penyakit Blood Brown yang termasuk dalam gejala lanjut, anda dapat memberikan obat Beri aerasi tambahan ke kolam. atau jika obat tersebut tidak memberikan efek samping yang baik bisa langsung memberikan obat Kurangi porsi pakan sampai kondisi normal kembali.

Apabila anda merasa kesulitan dalam mencari obat yang sudah kami sebutkan diatas, kami dapat membantu anda menggunakan obat alami sebagai alternatif lain yang lebih mudah untuk didapatkan. Menggunakan bahan alami dalam menangani penyakit Blood Brown, tentu tidak membutuhkan biaya yang mahal dan dan lebih mudah dalam mencari. Berikut adalah obat alami yang bisa membantu Anda dalam mengatasi Blood Brown yaitu: Garam ikan dapat diberikan dikolam untuk mengikat nitrit, Daun Pepaya, Tanaman Tusuk konde.

Pencegahan Penyakit Blood Brown pada Ikan Koi

Banyak pepatah yang mengatakan bahwa melakukan pencegahan lebih baik daripada mengobati, hal ini tentu saja berlaku bagi ikan koi yang anda miliki supaya tidak sampai terkena penyakit Blood Brown akibat Nitriosomonas. Pencegahan penyakit Blood Brown dapat anda lakukan dengan cara:

  • Kurangi kepadatan ikan
  • Rajin mengganti air secara reguler
  • Perbaiki sistem filtrasi biologi

Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam menangani ikan koi yang sedang sakit Blood Brown, dengan senang hati kami juga memberikan komunitas untuk bergabung dengan para pecinta ikan koi. Anda dapat masuk pada grup pecinta ikan koi secara gratis dan saling berbagi informasi terkait budidaya ikan hias. Perusahaan kami adalah salah satu supplier ikan koi terbaik yang ada di Blitar dan siap kirim keseluruh wilayah Indonesia.

Join Grup WhatsApp
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia
Join Grup Telegram
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia