Penyebab Aeromonas Hydrophila Ikan Koi & Cara Mengobatinya

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang dipelihara untuk memperindah tampilan di dalam kolam. Dengan memelihara ikan koi banyak orang Jepang yang percaya bahwa ia dapat membawa keberuntungan. Meskipun sebenarnya memelihara ikan koi itu mudah, menjaga keindahan warna tubuh sekaligus membudidayakannya membutuhkan teknik tertentu. Apalagi Jika Anda berniat untuk memelihara ikan koi dalam mempercantik aquarium ataupun kolam ikan yang dimiliki, mempertahankan keindahan corak yang dia miliki adalah salah satu hal penting yang harus dijaga.

Anda harus memperhatikan kondisi kesehatan lingkungan kolam ikan, karena jika lingkungannya kotor justru dapat mengundang pertumbuhan patogen. Anda perlu mengetahui bahwa ikan hias seperti koi yang ini karakteristiknya sangat berbeda dengan jenis ikan pada umumnya, jenis ikan hias lebih rentan terhadap serangan penyakit. Penyakit yang paling banyak mengganggu kesehatan ikan koi adalah Aeromonas Hydrophila.

Penyebab Penyakit Aeromonas Hydrophila pada Ikan Koi

Ikan koi bisa mengalami penyakit Aeromonas Hydrophila karena banyak faktor, tapi faktor yang paling memungkinkan terjadinya penyakit adalah infeksi dari bakteri Aeromonas Hydrophila. Aeromonas Hydrophila adalah salah satu penyakit yang banyak diderita ikan hias karena disebabkan oleh adanya bakteri Aeromonas Hydrophila. Jika anda ingin mengurangi resiko terjadinya pertumbuhan bakteri Aeromonas Hydrophila di dalam kolam, yang bisa anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan kolam ikan.

Ciri-ciri Ikan Terinfeksi Aeromonas Hydrophila

Ikan yang mengalami penyakit Aeromonas Hydrophila akan menunjukkan gejala berupa: gejala awal ikan akan sering berdiam dan malas bergerak walaupun masih memiliki nafsu makan yang baik., selanjutnya ikan berdiam didasar kolam dan kadang menyendiri memisahkan diri dari kawanannya, tubuh ikan memproduksi lendir (mucus) berlebihan sehingga warnanya cenderung kusam.. Atau Anda bisa melihatnya Apakah ia sedang mengalami ikan akan kehilangan nafsu makan, muncul warna merah disekitar lembar sirip dan pangkal sirip kadang disertai pembengkakan, terjadi pembengkakan pada perut bagian bawah yang justru termasuk dalam gejala lanjut dari penyakit Aeromonas Hydrophila. Anda tidak boleh menganggap remeh penyakit Aeromonas Hydrophila karena berimbas pada kematian, jika ikan koi yang dimiliki mengalami kesulitan bernafas sehingga sering berdiam di bawah pancuran, pada kondisi ikan sering melakukan gerakan tidak terkontrol atau kejang-kejang, cacat permanen segera lakukan pengobatan.

Pengobatan Penyakit Aeromonas Hydrophila pada Ikan Koi

Kami adalah salah satu pusat budidaya ikan koi yang dapat membantu anda dalam memenuhi segala kebutuhan penanganan penyakit ikan koi ataupun supply berbagai macam jenis ikan koi. Tapi kami juga dapat membantu anda dalam mengatasi ikan koi yang sedang menderita penyakit Aeromonas Hydrophila. Jika ikan koi menandai gejala awal seperti gejala awal ikan akan sering berdiam dan malas bergerak walaupun masih memiliki nafsu makan yang baik. anda dapat langsung memberikannya obat Oral treatment dengan mencampurkan antibiotik kedalam pakan, ini hanya effektif pada ikan yang baru terinfeksi., sebagai obat awal.

Jika ikan koi terlihat seperti mengalami penyakit Aeromonas Hydrophila yang termasuk dalam gejala lanjut, anda dapat memberikan obat Perendaman kedalam air yang berisi antibiotik (untuk infeksi tahap lanjut). atau jika obat tersebut tidak memberikan efek samping yang baik bisa langsung memberikan obat Injeksi antibiotik (untuk infeksi ikan yang sudah akut).

Menangani penyakit Aeromonas Hydrophila yang disebabkan karena bakteri Aeromonas Hydrophila juga dapat anda tangani dengan melakukan pengobatan secara alami. Pemakaian bahan alami dalam menangani penyakit Aeromonas Hydrophila akan lebih mudah untuk anda peroleh dan dijual dengan harga yang murah. Obat alami yang efektif untuk menurunkan kondisi Aeromonas Hydrophila adalah Terramycin / Oxytetracycline, Sodium Sulfamerazine, Sodium Nifurstyrenate.

Pencegahan Penyakit Aeromonas Hydrophila pada Ikan Koi

Banyak pepatah yang mengatakan bahwa melakukan pencegahan lebih baik daripada mengobati, hal ini tentu saja berlaku bagi ikan koi yang anda miliki supaya tidak sampai terkena penyakit Aeromonas Hydrophila akibat Aeromonas Hydrophila. Kali ini anda dapat melakukan pencegahan supaya kolam ikan koi tidak mengandung bakteri Aeromonas Hydrophila sehingga menyebabkan Aeromonas Hydrophila terjangkit pada ikan koi yang lainnya, dengan melakukan pencegahan seperti:

  • Jaga parameter air kolam stabil dan sehat sehingga ikan tidak stress
  • Jangan memasukan ikan baru tampa melalui proses karantina yang cukup (minimal 7 hari) karena infeksi ini memiliki masa laten 5 hari
  • Jika didapati ikan terinfeksi dengan ciri-ciri diatas segera pindahkan ke bak karantina untuk diobati, ikan yang masih sehat di kolam diberi pakan yang terbuat dairi 1 kg pelet yang dicampur dengan 3-5 gram Oxytetracycline

Jika anda ingin mempelajari bagaimana teknik budidaya yang baik dalam pemeliharaan ikan koi, kami menawarkan anda untuk bergabung pada komunitas. Kami telah menyediakan Group khusus bagi para pecinta koi dalam membagikan informasi yang mereka ketahui seputar ikan hias. Kami bukan hanya supplier ikan koi, tapi juga senantiasa membantu anda dalam melakukan proses budidaya ikan koi.

Join Grup WhatsApp
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia
Join Grup Telegram
BERBAGI PENGALAMAN
Saling berbagi tips mengenai cara budidaya ikan koi dengan pecinta koi di Indonesia