logo warung koi

Tips & Teknik Pemberian

Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar

Makanan ikan koi yang disarankan untuk menjaga kesehatan dan keindahan corak yang ia miliki harus memenuhi kebutuhan gizi. Perubahan suhu yang terus tidak menentu di dalam air kolam menyebabkan ikan koi membutuhkan asupan gizi yang berimbang. Apalagi mengingat ikan koi sebenarnya mempunyai sifat omnivora Jadi ia bisa makan tumbuhan ataupun hewan kecil yang berada di kolam.

kenali Jenis Makanan Ikan Koi

Jenis makanan ikan koi yang saat ini beredar bisa dibuat dari bahan alami atau bahan buatan. Sebagian besar makanan ikan koi dibuat dari sayur-sayuran, roti, cacing, ataupun buah-buahan. Udang dan cacing adalah salah satu makanan yang paling banyak disukai oleh ikan koi. Ikan koi bahkan bisa tumbuh dan bertahan hidup hanya dengan memakan tumbuhan alga. Ulat adalah salah satu makanan alami yang bisa Anda berikan untuk ikan koi. Makanan jenis ini juga merupakan salah satu sumber protein yang baik.

Ikan koi bahkan juga bisa memakan buah-buahan sayuran seperti semangka ataupun jeruk. Beberapa ikan koi yang tidak terbiasa makan sayuran atau buah maka perlu dilatih. Mengkonsumsi makanan tersebut tentu saja akan membantu memenuhi gizi berimbang untuk kebutuhan kesehatan ikan koi.

Anda sebaiknya tidak memberikan ikan koi dengan makanan yang berupa biji-bijian, seperti kacang polong ataupun jagung karena ikan koi tidak bisa mencernanya.

Selain hal penting yang harus anda perhatikan dalam memenuhi gizi yang cukup, ikan koi juga harus tetap terjaga kualitasnya. Makanan kadaluarsa yang diberikan kepada ikan koi juga tidak baik untuk kesehatan. Makanan ikan koi kadaluarsa dapat mengalami proses oksidasi yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Cara Membuat Makanan Ikan Koi
dari Bahan Alami

Anda bisa membuat makanan alami untuk ikan koi sendiri dengan cara yang mudah. Bahan yang perlu disiapkan dibuat dari bahan alami dengan langkah pembuatan:

  1. Anda bisa menggunakan udang berukuran kecil.
  2. Campur udang tersebut dengan telur, wortel, bawah putih, vit c, dan agar-agar.
  3. Tambahkan sedikit air dan blender hingga halus.
  4. Sambil menunggu adonan halus, anda bisa membuat aroma dari pelet ikan dengan memasukkan pelet ke dalam air panas dan ditaburi dengan bubuk agar-agar.
  5. Anda bisa langsung mencampurkan kedua adonan tersebut dan dinginkan.
  6. Jika sudah dingin potong kecil-kecil adonan sehingga tampak menyerupai cacing alami.

Campurkan bahan pakan alami ini dengan makanan yang biasanya diberikan.

Play Video

Makanan Alami untuk Bibit (Anakan) Ikan Koi Agar Cepat Besar

Jika Anda membeli bibit atau anakan ikan koi, dalam memberikan makanan hal yang perlu anda perhatikan adalah ukuran makanan tersebut Apakah bisa ditelan oleh ikan? Ikan koi yang sudah menetas sekitar 3 sampai 5 hari sudah memiliki makanan cadangan dari kuning telur.

Kriteria Benih Ikan Koi

Biasanya untuk penghobi atau pecinta ikan koi akan memelihara bibit ikan koi ini setelah berusia 1 bulan dan mempunyai ukuran 10 cm, hal ini tidak lain karena proses budidaya nya jauh lebih mudah. Jika kali ini anda mencari benih atau bibit ikan koi kami juga telah menyediakannya.

Makanan alami yang dapat membantu untuk memperindah corak warna yang dimilikinya harus mengandung karotin, misalnya, wortel, tomat, kubis, ganggang, kepiting, dan cacing. Sementara untuk makanan ikan koi yang mengandung probiotik dapat meningkatkan daya tahan tubuh ikan koi sehingga lebih terhindar dari serangan penyakit. Tidak disarankan untuk memberikan makanan ikan koi berupa roti secara terus-menerus dapat membuat gemuk karena tingginya kandungan karbohidrat.

Tips Pemberian Pakan Ikan Koi

Memberikan makan pada ikan koi secara tepat akan sangat mempengaruhi faktor bagi pertumbuhan dan kesehatan yang ia miliki. Memberikan ikan koi makanan yang terlalu banyak justru dapat mengotori air dan bersifat racun karena ia dapat berubah menjadi amonia. Ikan koi tidak mempunyai perut seperti halnya manusia jadi ia mempunyai sifat kecenderungan makan yang berlebih. Jika anda tidak mengawasi pemberian makan pada ikan koi justru ikan ini dapat mengalami kondisi kekenyangan yang bisa menyebabkan kematian.

Porsi jumlah makanan ikan koi adalah 5% dari berat tubuh untuk ikan berukuran kecil. Sedangkan untuk ikan koi dengan ukuran dewasa jumlah Makanan yang dibutuhkan hanya 2% dari ukuran berat tubuh yang dimiliki. Ketika anda memberikan makanan, semua makanan ini harus dipastikan langsung habis dalam waktu kurang 5 menit. Terlalu banyak menuangkan makanan pada kolam dapat menyebabkan ikan kekenyangan dan tidak baik bagi kondisi lingkungan alam. Feses ikan yang terlalu banyak makan dapat mengotori kolam dan hal ini menjadikan kondisi kolam tidak sehat. Pakan ikan koi yang baik biasanya mengandung protein, karbohidrat, mineral, lemak, dan vitamin.

Jadwal Pemberian Waktu Makan Ikan Koi

Memberikan makanan pada ikan koi harus memperhatikan kondisi cuaca dan iklim yang ada di dalam kolam tersebut. Jika kondisi suhu kolam renang maka frekuensi makanan dapat anda kurangi. Berikut adalah rincian hubungan suhu air dengan frekuensi makanan ikan koi:

tips memberikan makanan ikan koi 2

Kesalahan Pemberian Makanan Pada Ikan Koi

Banyak sekali kesalahan yang sering terjadi saat memberikan makanan pada ikan koi, misalnya terlalu banyak memberikan makanan dan penggantian pakan secara tiba-tiba, dan terlalu banyak suplemen. Dengan kesalahan tersebut ikan koi tidak mau sehat justru pemberian makan ikan koi yang tidak terkontrol akan berakibat buruk pada kesehatan.

Oleh karena itu Anda harus mengetahui bagaimana proses budidaya ikan koi yang baik seperti yang sudah kami paparkan di atas. Jika anda ingin bergabung dengan grup komunitas ikan koi yang telah kami buat, anda bisa langsung berkonsultasi dengan mereka yang sudah lama mencintai ikan hias koi.

www.WarungKoi.id